tutoku buat kamu

Tips Membeli Laptop Second

Posted on: October 10, 2007

Memilih laptop second memang harus jeli tidak semudah membeli laptop baru, banyak yang harus diperhatikan sebelum membeli supaya tidak kecewa kelak dikemudian hari. Berikut adalah tips membeli laptop second hand atau bekas:

1. Perhatikan Seksama Fisik Laptop

Chasis/chasing
Kondisi dari chasis laptop mengindikasikan apakah laptop second dirawat dengan baik atau tidak. Perhatikan baik-baik seluruh casis laptop apakah ada tanda-tanda yang mengindikasikan adanya benturan dari benda tumpul atau jatuh. Perhatikan juga kondisi skrup-skrupnya bersegel / pernah dibuka apa belum.

Layar Laptop
Layar LCD laptop adalah salah satu komponen paling mahal. Karena itu, pastikan layar laptop masih mampu bekerja dengan baik. Perhatikan apakah ada pixel cell yang tidak berfungsi dengan baik.

Keyboard dan Touchpad
Pastikan keyboard dan touchpad laptop masih berfungsi baik. Hal ini karena mengganti keyboard dan touchpad, selain membutuhkan biaya juga tak semudah seperti halnya di desktop.

Panel input device
Jumlah port USB, cek fisiknya juga pada LAN, Modem, Card Reader (jika ada), VGA out.

Buku Manual, driver dan kelengkapan lainnya
Buku manual memang tidak terlalu penting, driver juga sebenarnya sudah banyak bertebaran di internet mau dari vendor asli atau yang sudah di mod sekalipun ada! tapi jika masih ada ya apa salahnya untuk dicek? Syukur-syukur apabila ternyata laptop tersebut ternyata bundling dengan OS-nya? kan lumaya banget tuh. Kartu garansinya, nota pembelian, hmm semakin lengkap semakin afdol!. yah untuk purna jual berikutnya gitu. Dos-nya juga ditanyakan aja masih ada gak (untuk packing-nya). terakhir jangan lupa minta warranty (garansi) sama pemiliknya untuk memastikan barang yang dijual tersebut memang dalam kondisi baik-baik saja. penjual yang baik pasti mau ngasih garansi dalam waktu tertentu.

2. Perhatikan Seksama Komponen Dalam Laptop

Prosesor
Untuk saat ini, sebaiknya Anda membeli laptop bekas berprossesor minimal Pentium III. Prosesor ini masih mampu menjalankan sistem operasi modern seperti Windows XP dengan cukup baik.

Memori
Memori RAM biasanya berharga murah saat ini (tergantung dari merk dan tentunya kurs dollar). Teliti kapasitas RAM dan periksa apakah bisa diupgrade dengan mudah jika suatu saat Anda menginginkannya (cari tahu jumlah slot RAM-nya). Disarankan agar laptop punya kapasitas RAM minimal 512 Mb. Ada baiknya anda mengetahui jenis ram yang digunakan dan specifikasinya (DDR/DDR2, PC berapa)

Kapasitas Harddisk
Laptop lama mungkin hanya punya kapasitas harddisk maksimal 40 GB, bahkan ada yang hanya 10 GB. Tentukan kapasitas yang memenuhi kebutuhan Anda dalam menyimpan data.

CD-ROM
Coba saja langsung untuk mengkopi sebuah CD kedalam harddisk. Dari mencoba inilah bisa diketahui bahwa masih baik atau tidakkah optic CDROM tersebut. Bila berkemampuan write ya coba saja untuk mengklone CD (copy to disc)

WiFi
Menurut saya pribadi ini adalah salah satu fitur laptop yang penting dimana sebuah laptop dapat terkoneksikan ke dalam jaringan karena perangkat satu ini. Tanyakan kepada pemilik terdahulu apakah WiFi-nya masih berfungsi dengan baik, baik sinyal dan kecepatan transfer data-nya. Bila perlu uji saja koneksikan ke hotspot2 terdekat. Sebenarnya USB WiFi juga sudah semakin murah dipasaran (250-500rb) namun jika tidak intregrated kan rasanya beda, copot, colok , copot colok lagi

Baterai
Baterai laptop bekas biasanya lemah. Pertimbangkan apakah Anda memerlukan baterai baru. Jika misalnya laptop hanya dipakai di rumah, Anda mungkin tak perlu baterai baru dan bisa mengandalkan daya listrik.

Fitur-fitur Pendukung Lainnya
Tanyakan kelengkapan fitur di laptop tersebut seperti Bluetooth IrDa dll. Fitur pendukung tersebut sifatnya hanya pelengkap saja, namun jika menurut anda penting silahkan lakukan tes.

3. Tanyakan pada diri Anda sendiri

Dengan hasil pengamatan Anda (terkesan terlalu mendetil dalam pengecekan sampai hampir setiap bagian dicek seperti seorang kikir membeli sebuah jarum melakukan berbagai tes apakah jarum tersebut terbuat dari logam tidak, mempunyai lubang untuk memasukkan benang tidak he3…), tanyakan pada diri Anda apakah sudah mantap membeli laptop bekas. Apakah laptop bekas tersebut kira-kira bisa bertahan cukup lama atau apakah tidak sebaiknya Anda menunggu waktu untuk membeli yang baru? Ingat, harga laptop baru makin menurun seiring perkembangan teknologi. Namun jika Anda sudah mantap membeli laptop bekas dengan mempertimbangkan berbagai untung rugi, lakukan saja. Ada baiknya anda browsing internet terlebih dahulu untuk mencari tahu harga pasaran laptop dengan specifikasi atau bahkan dengan tipe yang sama sebagai pertimbangan dalam membelinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: