tutoku buat kamu

Membuat situs WAP

Posted on: October 4, 2006

Pada dasarnya membuat situs WAP sama dengan membuat situs biasa. Anda mengupload file-file markup dan gambarnya, dan jika perlu menggunakan skrip/aplikasi web. Perbedaannya adalah, file markup-nya dalam format WML dan bukan HTML/XHTML. Gambar-gambarnya dalam format WBMP dan bukan GIF/JPG/PNG.

Selain itu, Anda perlu menambahkan .htaccess di document root Anda, yang isinya sbb:

directoryindex index.wml index.html index.php
addtype text/x-hdml  hdml
addtype text/vnd.wap.wml  wml
addtype text/vnd.wap.wmlscript  wmls
addtype image/bmp  bmp
addtype image/vnd.wap.wbmp  wbmp

Direktif directoryindex di atas berguna agar jika situs WAP Anda diakses tanpa nama file, mis: http://wap.tokoku.com/ maka index.wml yang ada juga akan dicari dan ditampilkan. Jika tidak, maka akan muncul halaman autoindex Apache (“Index of / …”). Baris-baris berikutnya untuk menambahkan MIME Type WML.

Untuk mengetes situs WAP Anda, bisa menggunakan browser WAP atau simulator WAP phone. Browser Opera dapat menjadi WAP browser. Di Firefox terdapat extension WMLBrowser.

Pada dasarnya membuat wap site itu adalah masalah memahami tentang wml. analoginya sama seperti dalam membuat website “normal”, yaitu mengerti tentang html.

Membuat Website Berbasis WAP-PHP

WAP digunakan untuk keperluan mobile access yang sangat berguna untuk memberikan informasi kepada pengunjung website meski dalam perjalanan dan sulit menemukan komputer untuk mengakses Internet.

Dengan WAP, seorang netter akan tetap dapat mengunjungi website hanya dengan menggunakan handphone yang selalu dibawa kemana pun pergi, yang terpenting adalah handphone tersebut memiliki fasilitas GPRS dan WAP Browser.

Dari sisi provider kartu, hampir semua provider telah menyediakan fasilitas GPRSnya. Saat ini sudah tidak ada kata “terputus” dengan dunia Internet bagi Gadget Mania. Hal ini yang mendorong pentingnya website WAP dibuat.

WAP dibuat menggunakan bahasa WML (Wireless Markup Language), bahasa yang lebih sederhana dibandingkan dengan HTML (HyperText Markup Language) yang biasa digunakan untuk aplikasi website pada umumnya.

Bila menggunakan bahasa WML murni (ekstension .wml), halaman akan senantiasa statis dan informasinya akan terasa kaku dan “basi”. Dalam hal management content, PHP salah satu bahasa pemrograman web yang dapat digunakan sebagai “HTML Generator” pada website-website yang dibuat dengan menggunakan PHP.

Dalam WML, PHP juga tetap dapat digunakan sebagai “WML Generator”. Anda tinggal menambahkan statement berikut pada script PHP anda:

Wap PHP
setelah itu anda bebas menentukan informasi yang ingin ditampilkan, bisa dengan mengambil dari database yang dapat diakses oleh PHP tersebut.

Untuk bahasa WML, anda dapat mempelajarinya dari website: www.wapforum.org

Selamat mencoba. Semoga berhasil.

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: